002: Perpustakaan

Romantisme muncul ketika dua kaki melangkah dari gedung tua menuju gedung baru di bagian belakangnya. Tangga-tangga disusun untuk menjadi jembatan dari perasaan klasik ke megah. Ini perpustakaan yang baru diresmikan, di dalamnya ada masa depan dan banyak kemungkinan baru.

Karenanya, Jakarta bisa berdiri sama tinggi dengan banyak kota dunia; ada simbol literasi yang menjejak dengan kokoh.

Dua puluh empat lantai yang bisa dikunjungi menampung banyak sekali buku (dan sejumlah materi audio visual) dan tentunya berbagai kepentingan. Letaknya di pusat kota, di deretan balaikota, menambah gurih kenyataan.

Ada tempat untuk menulis, meneliti, membaca dan meretas banyak kemungkinan yang berkaitan dengan ruang. Gedung yang megah itu, punya auditorium yang cantik. Ia juga punya banyak sekali ruang untuk duduk dan mengambil jeda dari keseharian yang sumpek.

Keberadaannya membuka harapan. Literasi bisa mengembara ke banyak cabang program yang meninggalkan banyak jejak memori.

Tentu, kalau menganggap ini sebagai sebuah keberhasilan, itu salah. Ini seharusnya hanya sebagai awalan untuk pembangunan tradisi yang lebih berkelanjutan nantinya.

Di dalamnya, masih ada sistem yang kikuk; misalnya untuk perkara pembuatan kartu anggota yang memaksa orang untuk antri panjang.

Bisa diakali dengan pendaftaran online. Hanya saja, keberadaan kartu fisik, harus ditebus dengan masuk dalam antrian foto itu. Kalau tidak ingin kartu, bisa menyebutkan nomor anggota yang didapat dari pendaftaran online itu.

Seperti layaknya sebuah awal, ada harapan digantungkan. Sepertinya, yang ini bisa membuat Jakarta lebih baik. Yang paling penting: Ia menyediakan pemandangan cantik untuk melihat simbol kota sekaligus mengingatkan bahwa kita semua sedang berada di salah satu kota paling penting di dunia. (pelukislangit)

Jalan Sabang
27 Oktober 2017
20.22

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s