Gagal, Terpaksa Ditunda

CSC - Postponed

Ini bukan kabar yang bagus untuk disebarluaskan. Di percobaan penyelengaraan ketiganya, Bermain di Cikini kalah sama keadaan. Kami tidak berhasil menyelesaikan ijin untuk menyelenggarakan pertunjukan. Tengat waktu menang dan tidak bisa ditaklukan.

Pertunjukan Bermain di Cikini: Cozy Street Corner yang sedianya akan digelar pada Rabu-Kamis, 25-26 Mei 2016, terpaksa ditunda.

Penjualan tiket dihentikan dan saat ini seluruh pembeli sedang dalam antrian konfirmasi untuk pengembalian uang tiket yang telah dibeli. Menyebalkan melihat ini harus terjadi. Terlebih, Cozy Street Corner memang sudah lama tidak bermain untuk orang banyak.

Saya patah hati sih, hitungannya. Tapi sekaligus sadar bahwa Bermain di Cikini dirancang untuk ada dalam waktu yang lama. Jadi, tidak bisa mulus-mulus saja memang perjalanannya. Sandungan model begini, ya harus dihadapi. Komitmen kami jelas ada di sini dan semoga bisa dijaga terus di masa yang akan datang dan tidak pernah kapok. Kapok bisa membuat segala sesuatunya berhenti.

Sekedar informasi, untuk mengurus ijin pertunjukan di wilayah DKI Jakarta tahapannya seperti ini:

– Booking penggunaan gedung dari UPT PKJ TIM
– Rekomendasi dari Dewan Kesenian Jakarta – Ini akan menentukan ijin gedung
– Rekomendasi dari kecamatan terkait
– Rekomendasi dari polsek setempat
– Ijin dari Polda Metro Jaya (kalau mengguanakan penjualan tiket)
– Perforasi dari Dispenda untuk pajak pertunjukan per tiket

Beberapa poin, sifatnya saling berkaitan. Jadi, beres dari satu kantor, keluar rekomendasi yang harus dibawa ke institusi lainnya. Nah, surat dari Dewan Kesenian Jakarta, baru selesai di luar tengat waktu yang kami set secara internal. Jadi, tidak masuk akal dari segi waktu untuk diteruskan ke tahap selanjutnya. Kami telah berusaha sekuat tenaga, tapi ya memang tidak bisa diakali prosesnya.

Bermain di Cikini sudah punya pengalaman mengurus runutan ijin yang sama di pertunjukan Bermain di Cikini: AriReda dan Bermain di Cikini: Silampukau dan Kawan-Kawan. Jadi, kami mempraktekan prosedur yang sama kali ini. Tapi, apa mau dikata, hasilnya beda.

Ini jadi pelajaran untuk kami. Tanpa berminat untuk mencari siapa yang salah, tapi memang proses persiapan harus dilakukan lebih awal dari sebelumnya. Mungkin juga, ada baiknya punya program yang lebih terstruktur untuk sisa tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

Untuk persoalan ini, jadinya nggak sederhana deh. Tapi, cara mainnya begitu, mau tidak mau harus dituruti. Toh, masih banyak misi yang lebih besar yang harus dicapai.

So, the shows are not happening. Mohon maaf sebesar-besarnya untuk mereka yang telah meluangkan waktu membeli tiket dan mengeset harapan untuk menyaksikan Cozy Street Corner bermain di 25-26 Mei 2016. Semoga tanggal barunya segera bisa didapat.

Kalau berkenan, boleh tolong disebarluaskan? Thanks in advance. Semoga kegagalan ini jadi yang pertama dan terakhir. (pelukislangit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s